Tugas ke 2
1.
Kemukakkan
3 pendapat ahli tentang defenisi perencanaan. Kemudian buat rangkuman dari defenisi
tersebut !
Jawab :
a. Beeby, C.E.
Perencanaan Pendidikan merupakan
suatu usaha melihat ke masa depan ke masa depan dalam hal menentukan
kebijaksanaan prioritas, dan biaya pendidikan yang mempertimbangkan kenyataan
kegiatan yang ada dalam bidang ekonomi, social, dan politik untuk mengembangkan
potensi system pendidikan nasioanal memenuhi kebutuhan bangsa dan anak didik
yang dilayani oleh system tersebut.
b. Menurut,
Prof. Dr. Yusuf Enoch. Perencanaan Pendidikan, merupakan suatu proses yang mempersiapkan seperangkat alternative
keputusan bagi kegiatan masa depan yang diarahkan kepada pencapaian tujuan
dengan usaha yang optimal dan mempertimbangkan kenyataan-kenyataan yang ada di
bidang ekonomi, sosial budaya serta menyeluruh suatu Negara.
c. Menurut Coombs (1982). Perencanaan pendidikan
suatu penerapan yang rasional dianalisis sistematis proses perkembangan
pendidikan dengan tujuan agar pendidikan itu lebih efektif dan efisien serta sesuai dengan kebutuhan dan tujuan para
peserta didik dan masyarakat.
Berdasarkan
dari beberapa pendapat ahli tentang defenisi peencanaan pendidikan, dapat
ditarik kesimpulan bahwa perencanaan pendidikan merupakan suatu proses yang
mempersiapkan seperangkat alternative keputusan dengan tujuan agar pendidikan
lebih efektif dan efisien agar dapat melihat usaha kemasa depan dalam hal
menentukan kebijakan prioritas dan biaya pendidikan yang ada dalam bidang ekonomi, sosial, dan
politik supaya dapat memenuhi kebutuhan bangsa dan anak didik.
2.
Jelaskan
secara singkat 4 pendekatan perencanaan pendidikan !
Jawab :
1.
Pendekatan
kebutuhan sosial
Pendekatan kebutuhan sosial merupakan pendekatan yang sangat
dibutuhkan oleh masyarakat. Pendekatan ini sangat tertuju pada proses
pendidikan sebab saat ini ini kjita diwajibkan untuk bersekolah oleh karena itu
salah satu contoh dari pendekatan sosial ini adalah wajib belajar 9 tahun yang
merupakan peraturan dari pemerintah sebab dengan adanya wajib belajar 9 tahun
tersebut maka pemerintah berharap agar tidak ada lagi yang namanya buta huruf.
2.
Pendekatan
ketenagakerjaan
Pendekatan ketenagakerjaan dalam pendidikan merupakan pendekatan
yang mengharapkan lulusan dari sebuah sekolah atau universitas yang memiliki
wawasan yang luas serta yang memiliki
pengalaman kerja yang baik agar nantinya mereka dapat bekerja dengan baik.
Salah satu contohnya yaitu diterapkannya pendidikan sistem ganda.
3.
Pendekatan
untung rugi
Pendekatan untung rugi dalam perencanaan pendidikan merupakan
pendekatan yang menitiberatkan pada biaya yang akan digunakan. Pendekatan
untung rugi dalam pendidikan sangat dibutuhkan karena dengan adanya pendekatan
ini maka maka bisa ditentukan untung dan ruginya suatu usaha atau kegiatan yang
dilakukan, missalnya dalam melakukan suatu kegiatan terlebih dahulu kita harus
mengetahui dimana letak keuntngannya dan dimana letak kerugiannya.
4.
Pendekatan
keefektifan biaya
Pada pendekatan ini sangat erat kaitannya dengan biaya pendidikan
yang ada disekolah-sekolah atau diuniversitas sebab untuk menghasilkan
pendidikan yang baik maka dibutuhkan biaya, baik secara kuantitatif maupun
kualiatif sebab tanpa biaya maka pendidikan tidak akan berjalan dengan
baik.salah satu contoh dari pendekatan keefektifan biaya yaitu pembukaan kursus
baik kursus bahasa inggris maupun kursus-kursus lainnya.
No comments:
Post a Comment