Sunday 20 May 2012

perencanaan pendidikan


Tugas ke 2
1.      Kemukakkan 3 pendapat ahli tentang defenisi perencanaan. Kemudian buat rangkuman dari defenisi tersebut !
Jawab :
a.       Beeby, C.E.
Perencanaan Pendidikan merupakan suatu usaha melihat ke masa depan ke masa depan dalam hal menentukan kebijaksanaan prioritas, dan biaya pendidikan yang mempertimbangkan kenyataan kegiatan yang ada dalam bidang ekonomi, social, dan politik untuk mengembangkan potensi system pendidikan nasioanal memenuhi kebutuhan bangsa dan anak didik yang dilayani oleh system tersebut.
b.      Menurut, Prof. Dr. Yusuf Enoch. Perencanaan Pendidikan, merupakan suatu proses yang  mempersiapkan seperangkat alternative keputusan bagi kegiatan masa depan yang diarahkan kepada pencapaian tujuan dengan usaha yang optimal dan mempertimbangkan kenyataan-kenyataan yang ada di bidang ekonomi, sosial budaya serta menyeluruh suatu Negara.
c.        Menurut Coombs (1982). Perencanaan pendidikan suatu penerapan yang rasional dianalisis sistematis proses perkembangan pendidikan dengan tujuan agar pendidikan itu lebih efektif dan efisien  serta sesuai dengan kebutuhan dan tujuan para peserta didik dan masyarakat.
Berdasarkan dari beberapa pendapat ahli tentang defenisi peencanaan pendidikan, dapat ditarik kesimpulan bahwa perencanaan pendidikan merupakan suatu proses yang mempersiapkan seperangkat alternative keputusan dengan tujuan agar pendidikan lebih efektif dan efisien agar dapat melihat usaha kemasa depan dalam hal menentukan kebijakan prioritas dan biaya pendidikan  yang ada dalam bidang ekonomi, sosial, dan politik supaya dapat memenuhi kebutuhan bangsa dan anak didik.







2.      Jelaskan secara singkat 4 pendekatan perencanaan pendidikan !
Jawab :
1.      Pendekatan kebutuhan sosial
Pendekatan kebutuhan sosial merupakan pendekatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Pendekatan ini sangat tertuju pada proses pendidikan sebab saat ini ini kjita diwajibkan untuk bersekolah oleh karena itu salah satu contoh dari pendekatan sosial ini adalah wajib belajar 9 tahun yang merupakan peraturan dari pemerintah sebab dengan adanya wajib belajar 9 tahun tersebut maka pemerintah berharap agar tidak ada lagi yang namanya buta huruf.
2.      Pendekatan ketenagakerjaan
Pendekatan ketenagakerjaan dalam pendidikan merupakan pendekatan yang mengharapkan lulusan dari sebuah sekolah atau universitas yang memiliki wawasan yang luas  serta yang memiliki pengalaman kerja yang baik agar nantinya mereka dapat bekerja dengan baik. Salah satu contohnya yaitu diterapkannya pendidikan sistem ganda.
3.      Pendekatan untung rugi
Pendekatan untung rugi dalam perencanaan pendidikan merupakan pendekatan yang menitiberatkan pada biaya yang akan digunakan. Pendekatan untung rugi dalam pendidikan sangat dibutuhkan karena dengan adanya pendekatan ini maka maka bisa ditentukan untung dan ruginya suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan, missalnya dalam melakukan suatu kegiatan terlebih dahulu kita harus mengetahui dimana letak keuntngannya dan dimana letak kerugiannya.
4.      Pendekatan keefektifan biaya
Pada pendekatan ini sangat erat kaitannya dengan biaya pendidikan yang ada disekolah-sekolah atau diuniversitas sebab untuk menghasilkan pendidikan yang baik maka dibutuhkan biaya, baik secara kuantitatif maupun kualiatif sebab tanpa biaya maka pendidikan tidak akan berjalan dengan baik.salah satu contoh dari pendekatan keefektifan biaya yaitu pembukaan kursus baik kursus bahasa inggris maupun kursus-kursus lainnya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...