Monday 21 May 2012

Makalah TIK


makalah yang satu ini membahas tentang cara menginstal mozilla firefox,,
mozilla firefox adalah sebuah tool yang sudah sangat tidak asing bagi kita karena tool yang satu ini merupakan software yang banyak di gunakan bahkan hampir semua manusia yang berkecimpung dalam dunia maya menggunakan tool ini sebagai mesin pencariannya untuk menjelajahi dunia maya.......


BAB 1
Pendahuluan
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatka kehadirat Allah SWT karena berkah dan keridahannya-Lah sehingga makalah yang berjudul “MENGENAL INTERNET” ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Sebagaimana kita ketahui bahwa perkembangan teknologi computer telah mempermudah pekerjaan manusia. Oleh karena itulah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diperkenalkan dan diajarkan di sekolah. TIK bukan hanya mengajarkan tentang komputer saja melainkan bermacam aspek yang mengenai informasi dan komunikasi, seperti media komunikasi, teknologi telekomunikasi dan lain-lain.
Untuk mempelajari komputer kita juga akan mengetahui tentang 3 aspek utama yaitu hardware, software, dan brainware. Dalam komputer kita juga mempelajari tentang internet. Mulai dari Apa itu internet? Fungsi dari internet? Perangkat – perangkat lunak yang terdapat dalam internet? Fasilitas – fasilitas apa saja yang diberikan dalam internet?, dan semua itu terdapat dalam makalah ini.
Akhir kata, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada mama dan papa yang senang tiasa membantu, teman – teman yang membagi pengetahuan mereka dan juga guru TIK dan guru MAPEL lainnya terimakasih atas ilmunya yang sangat berguna dalam membuat dan menyelesaikan makalah ini.
Kurang lebihnya mohon dimaafkan.
Wassalamualikum warahmatullahi wabarakatuh










DAFTAR ISI
Bab 1.................................................................................................................
·         Pendahuluan............................................................................................
·         Kata pengantar..................................................................................................
·         Daftar isi..................................................................................................
·         Latar belakan...........................................................................................
Bab 2.................................................................................................................
·         Internet....................................................................................................
·         Software internet......................................................................................
·         Cara mengakses internet..........................................................................
·         Fasilitas – fasilitas internet.......................................................................
Bab 3................................................................................................................. ........
·         Penutup....................................................................................................
·         Kesimpulan..............................................................................................
·         Daftar pustaka...................................................................................................


A.                 Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi meningkat dengan cepat, terutama dalam jaringan komputer. Pada tahun 1988, jaringan komputer mulai digunakan di universitas-universitas dan perusahaan-perusahaan. Dengan jaringan komputer, setiap pekerjaan diharapkan dapat selesai dengan cepat. Jaringan komputer mampu menghubungkan komputer dengan komputer lainnya, Salah satu contoh jaringan komputer adalah internet. Internet merupakan teknologi jaringan raksasa yang telah menjadi realitas dalam upaya memenuhi kebutuhan informasi dan komunikasi jutaan manusia di dunia ini.
Teknologi jaringan yang semakin maju perlu didukung oleh perangkat keras dan perangkat lunak jaringannya. Dalam perkembangan pertamanya, jaringan komputer masih menggunakan kabel koaksial. Kini, jaringan dibangun dengan kabel dari serat optik (fiber optic) atau komunikasi tanpa kabel (nirkabel).Fungsi jaringan adalah untuk berbagi sumber daya yang dimiliki dan untuk berkomunikasi secara elektronik.
Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan. Jaringan komputer wireline bekerja dengan menggunakan kabel-kabel sebagai penghubung antarkomputer. Namun, seiring dengan kecanggihan teknologi informasi, untuk membangun sebuah jaringan komputer dapat dimungkinkan tanpa menggunakan kabel (nirkabel). Sedangkan jaringan dengan modem merupakan media elektronik untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet. Dan untuk mendukung sebuah jaringan komputer dibutuhkan perangkat lunak (software) yaitu, sistem operasi, web browser, E-mail client, Instant messaging client,dan juga fasilitas-fasilita internet.
B. Tujuan penelitian
·                 Mendeskripsikan sistem operasi, web browser, E-mail client, dan Instant messaging client sebagai perangkat lunak (software)
·                 Menjelaskan proses mengakses internet melalui jaringan Wi-fi
·                 Memperkenalkan WWW (WORLD WIDE WEB), E-mail, forum diskusi, Blog, multimedia streaming, toko online (online store), mailing list, dan searching machine.





BAB 2
pernahkan anda mendengar istilah “Internet”? Internet termasuk salah satu hasil pengembangan aplikasi komputer. Internet (Interconnection Networking) merupakan jaringan komputer yang menghubungkan komputer – komputer seluruh dunia sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer di mana antara satu komputer dengan komputer yang lainnya saling berhubungan  atau berkomunikasi.
1.      PERANGKAT LUNAK(SOFTWARE)
            Perangkat lunak untuk mengakses internet antara lain meliputi sistem operasi, web browser, e-mail client, dan instant messaging client.
A.     Sistem operasi
Sistem operasi yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan perangkat keras yang digunakan. Perhatikan keterangan minimun hardware requirement pada boks perangkat lunak sistem operasi yang akan anda beli. Komputer dengan perangkat keras terbaru biasanya telah mampu menjalankan operasi windows XP atau Windows Vista.
B.     Web browser
Web browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen dokumen yang disediakan oleh server web.web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal dengan world wide web. Contoh web browser antara lian Internet Explore, Mozilla Firefox, Opera, dan Safari. Mozilla firefox tersedia pada windows, Mac OS, maupun Linux.
Mozilla Firefox Icon





·         Mozilla Firefox


Interface Mozilla Firefox 4.jpg
 







Tampilan Mozilla Firefox 4.0 pada Windows 7, menampilkanWikipedia Bahasa Indonesia
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008.
Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dariForbes dan Wall Street Journal[6][7] Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratissumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.
Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di peramban-peramban web lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan peramban web pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (peramban web terpopuler dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya perang peramban web
Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting.  Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak
menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan. 
Versi 2.0 diluncurkan pada 24 Oktober 2006. Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan "crash" jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki.  
·  Langkah – Langkah Menginstal Mozilla Firefox
1.                       Download mozilla firefox sesuai dengan versi yang diinginkan.
2.                       Setelah selesai download, ini waktu untuk menginstall.
3.                       Double klik pada mozilla firefox yang telah di download. ( akan muncul gambar seperti dibawah ini)
4.                       Jika dalam proses penginstalan terdapat program yang sedang berjalan atau running di anjurkan untuk menutup program.
5.                       Clik next. Akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini.
6.                       Baca ‘license agreement’ pilih“ I Accept the terms...” kemudian klik next
7.                       Terdapat dua pilihan. Pilih standard, kemudian klik
8.                       Klik “Next”
9.                       Proses instalasi selesai.



Screenshot of Thunderbird
Screenshot of Thunderbird








                            









No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...