EKONOMI PERUSAHAAN
Ø Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari
masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran
Ø Ekonomi Perusahaan adalah bagian dari ilmu
ekonomi yang khusus bertujuan untuk mempelajari gejalah-gejalah dalam rumah
tangga perusahaan
Ø Ilmu Ekonomi Perusahaan bagian dari ilmu
ekonomi umum
ü Masalah pokok dalam ekonomi
a.
Pemilihan
bentuk badan usaha
b.
Pemilihan
letak perusahaan
c.
Kombinasi
dan pengkhususan badan usaha
d.
Sistem-sistem
perekonomian
e.
Organisasi
dan manajemen
f.
Perencanaan
dan pengawasan produk
g.
personalia
ü Fungsi kewirausahaan yaitu
a.
Mengedintifikasi
kesempatan
b.
mengumpulkan
sumber daya
c.
Menarik
investasi
d.
Melaksanakan
proses produksi
e.
Perdagangan
f.
Menanggung
resiko
ü Bentuk-Bentuk perusahaan
Beberapa
bentuk perusahaan
a.
Perusahaan
Perseorangan
Dimiliki dikelola
dan dipimpin oleh seorang yang bertanggung jawab penuh terhadap semua resiko
dan aktivitas perusahaan
b.
Firma
( FA )
Persekutuan antara dua orang atau lebih dengan nama bersama untuk
menjalankan usaha, tanggung jawab masing-masing anggota tidak terbatas, laba
atau rugi akan dibagi bersama
c.
Persekutuan
Komanditer ( CV )
Adalah persekutuan
dimana satu atau beberapa orang sekutu mempercayakan uang atau barang kepada
satu atau beberapa orang yang menjalakan perusahaan
d.
Perseroan
Terbatas ( PT )
PT adalah suatu
persekutuan untuk menjalankan perusahaan yang mempunyai modal usaha yang
terbagi atas beberapa saham
e.
Koperasi
Koperasi ialah
koperasi yang didirakan, bukan untuk mencari keuntungan tetapi untuk melindungi
kepentingan anggotanya
f.
Perusahaan
Negara
Merupakan suatu
unit usaha yang sebahagian besar atau seluruh modal berasal dari kekayaan
negara yang dipisahkan serta membuat produk atau jasa yang sebesar-besarnya
untuk kemakmuran rakyat
g.
Perusahaan
Daerah
SISTEM-SISTEM PEREKONOMIAN
Adalah
sistem yang digunakan dalam suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang
digunakan atau dimiliki
Sistem-sistem
tersebut terbagi atas :
Ø Merkantilisme
Ditandai dengan
adanya campur tangan pemerintah secara ketat menyeluruh dalam kehidupan
perekonomian guna memupuk kekayaan logam mulia sebanyak-banyaknya sebagai
standar dari tukaran kebijakan.
Ø Kapitalisme
Sistem ekonomi
dimana individu secara privat melakukan kegiatan produksi, pertukaran barang
dan jasa pelayanan melalui sebuah jaringan pasar dan harga yang kompleks.
Ø Komunisme
Sistem
perekonomian dimana para pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber
kegiatan perekonomian.
Ø Sosialisme
Sistem perekonomian
yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap individu untuk
melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.
SISTEM PEREKONOMIAN DI
INDONESIA
ü Pra Kemerdekaan
Ø Kapitalisme
Ø Kapitalisme dimiliki oleh penjajah
ü Pasca Kemerdekaan
Ø Perekonomian berdasarkan atas asas
kekeluargaan
Ø Perekonomian
ü Sistem Ekonomi Demokrasi
Ø Landasan ideologi pancasila
Ø Landasan kontitusional UUD 1945
Ø Suatu sistem perekonomian nasional yang
merupakan perwujudan dari falsafah pancasila, UUD 1945 yang berdasarkan
kekeluargaan, gotong royong dari, oleh dan untuk rakyat dibawah pimpinan dan
pengawasan pemerintah.
MARKETING
Pemasaran
ialah sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harga mempromosikan dan mendistribusikan barang atau
jasa yang memuaskan kebutuhan baik
kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
a.
Marketing
Ø Merencanakan
Ø Menentukan harga
Ø Promosion
Ø Distribusi
b.
Pasar
Ø Secara umum pasar adalah tempat pertemuan
penjual dan pembeli
Ø Yang dimaksud pasar ialah tempat yang
didalamnya terdapat kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran yang akan
berinteraksi untuk menentukan harga
c.
3
Faktor Penunjang Pasar
Ø Keinginan konsumen
Ø Daya beli
Ø Keinginan untuk membelanjakan uang
d.
Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar
adalah tindakan pembagian suatu pasar yang bersifat heterogen kedalam
satuan-satuan pasar yang bersifat homogen.
e.
Segmentasi
Demografis
Ø Variabel-variabel demografis adalah dasar
yang paling populer untuk membedakan kelompok-kelompok pelanggan.
Ø Variabel demografis lebih mudah diukur
Ø Berbagai variabel demografis yang
digunakan untuk segmentasi pasar; usia dan siklus hidup, jenis kelamin,
penghasilan, pendidikan, kelas sosial.
f.
Semegmentasi
Psikografis
Ø Pembeli dibagi menjadi kelompok yang berbeda
berdasarkan, gaya hidup dan latar kepribadian
Ø Orang-orang dalam kelompok demografis yang
sama dapat menunjukan gambaran psikografis yang berbeda
g.
Segmentasi
Perilaku
Ø Pembeli dibagi menjadi kelompok-kelompok
berdasarkan pengetahuan, sikap, tanggapan mereka terhadap suatu produk
Ø Banyak pemasar yakin bahwa variabel
perilaku-perilaku kejadian, manfaat, status pemakai, tingkat pemakaian, statis
kesetiaan, tahap awal terbaik dalam membentuk segmen pasar
No comments:
Post a Comment