Sunday, 27 May 2012

ekonomi perusahaan


EKONOMI PERUSAHAAN
Ø  Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran
Ø  Ekonomi Perusahaan adalah bagian dari ilmu ekonomi yang khusus bertujuan untuk mempelajari gejalah-gejalah dalam rumah tangga perusahaan
Ø  Ilmu Ekonomi Perusahaan bagian dari ilmu ekonomi umum
ü Masalah pokok dalam ekonomi
a.       Pemilihan bentuk badan usaha
b.      Pemilihan letak perusahaan
c.       Kombinasi dan pengkhususan badan usaha
d.      Sistem-sistem perekonomian
e.      Organisasi dan manajemen
f.        Perencanaan dan pengawasan produk
g.       personalia
ü Fungsi kewirausahaan yaitu
a.       Mengedintifikasi kesempatan
b.      mengumpulkan sumber daya
c.       Menarik investasi
d.      Melaksanakan proses produksi
e.      Perdagangan
f.        Menanggung resiko
ü Bentuk-Bentuk perusahaan
Beberapa bentuk perusahaan
a.       Perusahaan Perseorangan
Dimiliki dikelola dan dipimpin oleh seorang yang bertanggung jawab penuh terhadap semua resiko dan aktivitas perusahaan
b.      Firma ( FA )
Persekutuan antara dua orang atau lebih dengan nama bersama untuk menjalankan usaha, tanggung jawab masing-masing anggota tidak terbatas, laba atau rugi akan dibagi bersama
c.       Persekutuan Komanditer ( CV )
Adalah persekutuan dimana satu atau beberapa orang sekutu mempercayakan uang atau barang kepada satu atau beberapa orang yang menjalakan perusahaan
d.      Perseroan Terbatas ( PT )
PT adalah suatu persekutuan untuk menjalankan perusahaan yang mempunyai modal usaha yang terbagi atas beberapa saham
e.      Koperasi
Koperasi ialah koperasi yang didirakan, bukan untuk mencari keuntungan tetapi untuk melindungi kepentingan anggotanya
f.        Perusahaan Negara
Merupakan suatu unit usaha yang sebahagian besar atau seluruh modal berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan serta membuat produk atau jasa yang sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat
g.       Perusahaan Daerah
SISTEM-SISTEM PEREKONOMIAN
Adalah sistem yang digunakan dalam suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang digunakan atau dimiliki
Sistem-sistem tersebut terbagi atas :
Ø  Merkantilisme
Ditandai dengan adanya campur tangan pemerintah secara ketat menyeluruh dalam kehidupan perekonomian guna memupuk kekayaan logam mulia sebanyak-banyaknya sebagai standar dari tukaran kebijakan.
Ø  Kapitalisme
Sistem ekonomi dimana individu secara privat melakukan kegiatan produksi, pertukaran barang dan jasa pelayanan melalui sebuah jaringan pasar dan harga yang kompleks.
Ø  Komunisme
Sistem perekonomian dimana para pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian.
Ø  Sosialisme
Sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap individu untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.
SISTEM PEREKONOMIAN DI INDONESIA
ü  Pra Kemerdekaan
Ø  Kapitalisme
Ø  Kapitalisme dimiliki oleh penjajah
ü  Pasca Kemerdekaan
Ø  Perekonomian berdasarkan atas asas kekeluargaan
Ø  Perekonomian
ü  Sistem Ekonomi Demokrasi
Ø  Landasan ideologi pancasila
Ø  Landasan kontitusional UUD 1945
Ø  Suatu sistem perekonomian nasional yang merupakan perwujudan dari falsafah pancasila, UUD 1945 yang berdasarkan kekeluargaan, gotong royong dari, oleh dan untuk rakyat dibawah pimpinan dan pengawasan pemerintah.
MARKETING
Pemasaran ialah sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan  baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
a.       Marketing
Ø  Merencanakan
Ø  Menentukan harga
Ø  Promosion
Ø  Distribusi
b.      Pasar
Ø  Secara umum pasar adalah tempat pertemuan penjual dan pembeli
Ø  Yang dimaksud pasar ialah tempat yang didalamnya terdapat kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran yang akan berinteraksi untuk menentukan harga
c.       3 Faktor Penunjang Pasar
Ø  Keinginan konsumen
Ø  Daya beli
Ø  Keinginan untuk membelanjakan uang
d.       Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah tindakan pembagian suatu pasar yang bersifat heterogen kedalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen.
e.      Segmentasi Demografis
Ø  Variabel-variabel demografis adalah dasar yang paling populer untuk membedakan kelompok-kelompok pelanggan.
Ø  Variabel demografis lebih mudah diukur
Ø  Berbagai variabel demografis yang digunakan untuk segmentasi pasar; usia dan siklus hidup, jenis kelamin, penghasilan, pendidikan, kelas sosial.

f.        Semegmentasi Psikografis
Ø  Pembeli dibagi menjadi kelompok yang berbeda berdasarkan, gaya hidup dan latar kepribadian
Ø  Orang-orang dalam kelompok demografis yang sama dapat menunjukan gambaran psikografis yang berbeda
g.       Segmentasi Perilaku
Ø  Pembeli dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, tanggapan mereka terhadap suatu produk
Ø  Banyak pemasar yakin bahwa variabel perilaku-perilaku kejadian, manfaat, status pemakai, tingkat pemakaian, statis kesetiaan, tahap awal terbaik dalam membentuk segmen pasar

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...