Sekolah
: SMK Keperawatan Husada Nusantara
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Tema :
Persamaan dan Pertidaksamaan Linear
Kelas :
X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI :
Memecahkan
masalah berkaian dengan system persamaan dan pertidaksamaan linear dan kuadrat.
B. KOMPETENSI DASAR
1.
Menentukan
himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linear.
C. INDIKATOR
1.
Persamaan
linear satu variabel ditentukan himpunan
penyelesaiannya.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelejaran selesai
siswa diharapkan :
1.
Siswa
dapat menentukan himpunan penyelesaian persamaan linear satu variable.
E. MATERI PEMBELAJARAN
1. Persamaan
linier satu variabel
F.
MODEL PEMBELAJARAN
ü Model
: Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD
ü Metode : Cerama dan Diskusi.
G.
SKENARIO/ LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Langakah-langkah kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
Aspersepsi :
Membiasakan baca doa sebelum belajar.
Guru mengadakan pengecekan kehadirrran peserta didik.
Dengan melakukan tanya jawab tentang materi pelajaran
yang lalu.
Menyampaikan SK,KD, dan tujuan pembelajaran.
Motivasi : Apabila siswa menguasai materi ini dengan baik, maka
siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian persamaan linear satu variabel.
|
Religius
Disiplin
Rasa ingin tahu
|
10
|
2
|
Kegiatan
inti
|
Guru menjelaskan pengertian persamaan linear satu
variabel.
Guru memberikan contoh penyelesaian soal persamaan
linear satu variabel.
Guru meminta siswa membentuk kelompok diskusi.
Siswa menyelesaikan soal-soal yang ada dalam lembar
kerja
Siswa mempersentasekan hasil kerja kelompok.
|
Kreatif
Teliti
Pantang menyerah
Rasa ingin tahu
|
60
|
3
|
Penutup
|
Guru mengarahkan siswa untuk membuat atau menarik
kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
Guru dan siswa melakukan refleksi terhadap materi persamaan
linear satu variabel.
Guru memberikan tugas(PR).
Guru megucapkan salam penutup.
|
Tanggung jawab
|
10
|
H.
ALAT DAN SUMBER
BELAJAR
Buku
teks(Buku paket)
Spidol,pulpen,
penghapus papan tulis, dan papan tulis.
I.
PENILAIAN
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
TEKNIK
PENILAIAN
|
BENTUK
ISTRUMEN
|
INSTRUMEN
|
Menentukan
penyelesaian sistem persamaan linear
satu variabel
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
1.
Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan linear
berikut:
1. 2x
+ 6 = 10
2. 7x
+ 2 = 5X – 8
|
PEDOMAN PENILAIAN
NO
|
JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
1.
2x + 6 = 10
Penye:
2x + 6 =
10
2x + 6 – 6
= 10 - 6 (kedua ruas dikurangi dengan
angkah yang sama)
2x = 4
= (kedua bilangan dibagi dengan angkah yang
sama)
X
= 2
Jadi
himpunan penyelesaian dari persamaan
2x + 6 = 10 adalah {2}
2. 7x
+ 2 = 5x – 8
Penye:
7x
+ 2 = 5x – 8
7x
+ 2 – 2 = 5x – 8 – 2 (kedua ruas
dikurangi 2 )
7x = 5x – 10
7x
– 5x = 5x – 5x – 10 (kedua ruas dikurangi 5x)
2x
= - 10
Jadi himpunan penyelesaian dari persamaan 7x + 2 = 5x – 8 adalah {-5}
|
2
1
1
2
1
1
2
1
1
2
2
2
1
|
|
Skor
|
18
|
RUBRIK
PENILAIAN
NO
|
Kriteria
|
Tingkat kualitas
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Langkah
Kegiatan
|
Tudak
ada langkah kegiatan
|
Ada
langkah kegiatan tapi tidak sistematis dan tidak mengarah kepenyelesaian
|
Ada
langkah sistematika kegiatan tapi belum mengarah kepenyelesaian
|
Ada
langkah kegiatan yang mengarah kepenyelesaian masalah.
|
|
2.
|
Proses
penyelesaian
|
|||||
|
Langkah
perhitungan
|
Tidak
ada langkah perhitungan
|
Langkah
perhitungan tidak sistematis tapi
hasil benar
|
Langkah
perhitungan sistematis tapi hasil salah
|
Langkah
perhitungan sistematis dan hasil benar
|
|
TOTAL
|
|
Mengetahui
Palopo,…………………
Dosen
PPL.1/ Kepala Sekolah Mahasiswa
/ Guru Mapel
Drs.
NURSAM YOSPIN M. PETONDE
NIP: NIM:0901402059
Materi
ajar
Persamaan
dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
Kelas/smtr
: X/ Ganjil
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
1. Menyeleaikan
persamaan linear satu variable
Bentuk
umum persamaan linear satu variable adalah :
Keteranagan:
a
= koefien x
b
= konstanta, dan x = variabel
penyelesaian linear
satu variable adalah mencari nilai pengganti dari variable sehingga diperoleh
persamaan yang bernilai benar (nilai ruas kanan sama dengan nilai ruas kiri).
Dalam proses penyelesaian
persamaan, beberapa catatan yang perlu diketahui:
Nilai persamaan tidak berubah ,
jika kedua ruas ditambahkan dengan bilangan yang sama.
Nilai persamaan tidak berubah ,
jika kedua ruas dikurangi dengan bilangan yang sama.
Nilai persamaan tidak berubah,
jika kedua ruas dikali dengan bilangan yang sama.
Nilai persamaan tidak berubah,
jika kedua ruas dibagi dengan bilangna yng sama.
Contoh
:
4x +
8 = 14
Penye:
4x + 8 = 14
4x + 8 – 8 = 14 – 8 (kedua ruas
dikurangkan dengan 8)
4x = 6
(kedua ruas dibagi
dengan 2)
x =
2.
Latihan
Tentukan himpunan penyelesaian dari
persamaan berikut :
a.
2x
+ 6 = 12
b.
4(x
– 3) = 8 – x
c.
3(x
+ 4) = 2 (x – 6)
No comments:
Post a Comment