Sunday 27 May 2012

pengembangan masyarakat


Participatori rural appraisal
v  Pengertian Participatori rural appraisal adalah sekumpulan pendekatan dan metode yang mendorong masyarakat di suatu desa/wilayah/lokalitas untuk turut serta meningkatkan dan menganalisis pengetahuan mereka mengenai hidup dan kondisi mereka sendiri agar mereka dapat membuat rencana dan tindakan.
v  Tujuan Participatori rural appraisal yaitu :
memobilisasi sumber daya manusia, alam setempat, dan lenbaga lokal guna mempercepat peningkatan produktivitas, Menstabilkan dan meningkatkan pendapatan masyarakat, serta mampu pula melestarikan sumber daya setempat.
v  Contoh Participatori rural appraisal yaitu :
pengembangan agribisnis di lahan marginal sebagai bahan penyusunan program dan pengembangan lahan marginal di lokasi PFI3P.
v  Aplikasi Participatori rural appraisal yaitu :
Pada Penerapan Pemahaman Pedesaan Secara Partisipatif (Participatory Rural Appraisal) dalam Rangka Pemberdayaan Petani Miskin di Kabupaten solo.










Secondary data review (SDR)
v  Pengertian Secondary data review adalah data yang dikumpulkan oleh orang lain selain pengguna. Sumber umum dari data sekunder untuk ilmu sosial termasuk sensus, survei, catatan organisasi dan data yang dikumpulkan melalui metodologi kualitatif.
v  Tujuan Secondary data review yaitu
-          menghemat waktu yang seharusnya dapat dihabiskan pengumpulan data.
-          Untuk membentuk analisis yang lebih jelas, lebih rinci dan up-to-date situasi di tingkat lokal sebelum krisis.
-          Ini akan memberikan latar belakang informasi tentang daerah yang terkena, kelompok kepentingan, risiko dan kerentanan serta sektoral pra-bencana informas
-          Untuk membantu pembaca untuk mengenali transisi, dalam riset pemasaran, dari ketergantungan pada sumber yang diterbitkan dari data sekunder untuk data sekunder yang disimpan secara elektronik
v  Contoh Secondary data review Sebagai contoh, Szabo dan Strang (1997) menjelaskan bagaimana mereka menggunakan analisis sekunder dari studi sebelumnya mereka pada pengasuh informal kerabat dengan demensia untuk mempertimbangkan bagaimana penjaga 'dirasakan' kontrol 'memungkinkan mereka untuk mengelola perawatan mereka memberikan pengalaman (sel 1a). Bull and Kane (1996) conducted a secondary analysis of two data sets previously collected by the first author, both of which were broadly concerned with elderly people's discharge from hospital to home, to investigate in more depth the nature of the problems encountered by professionals and users (cell 1b). Bull dan Kane (1996) melakukan analisis sekunder dari dua set data yang sebelumnya dikumpulkan oleh penulis pertama, yang keduanya secara luas berkaitan dengan pembuangan orang-orang tua dari rumah sakit ke rumah, untuk menyelidiki secara lebih mendalam sifat masalah yang dihadapi oleh para profesional dan pengguna (1b sel). Again using data from two qualitative studies on which they had worked separately, Angst and Deatrick (1996) described how children with chronic illness and their parents are involved in health care decisions (cell 1b). Lagi menggunakan data dari dua studi kualitatif di mana mereka telah bekerja secara terpisah, Angst dan Deatrick (1996) menggambarkan bagaimana anak-anak dengan penyakit kronis dan orang tua mereka terlibat dalam keputusan perawatan kesehatan (1b sel). Similarly, Kirschbaum and Knafl (1996) combined data from two studies with which they had been involved, to explore the nature and quality of parent-professional relationships across two different illness situations (cell 1b). Demikian pula, Kirschbaum dan Knafl (1996) menggabungkan data dari dua studi yang mereka telah terlibat, untuk mengeksplorasi sifat dan kualitas hubungan orangtua-profesional di dua situasi penyakit yang berbeda (1b sel).
v  Aplikasi Secondary data review yaitu pada Data Keuangan Suatu organisasi yang memiliki banyak data dalam file pada biaya produksi, penyimpanan, pengangkutan dan pemasaran masing-masing produk dan lini produk. Such data has many uses in marketing research including allowing measurement of the efficiency of marketing operations. Data tersebut memiliki banyak kegunaan dalam riset pemasaran termasuk pengukuran memungkinkan efisiensi operasi pemasaran. It can also be used to estimate the costs attached to new products under consideration, of particular utilisation (in production, storage and transportation) at which an organisation's unit costs begin to fall. Hal ini juga dapat digunakan untuk memperkirakan biaya yang melekat pada produk-produk baru di bawah pertimbangan, pemanfaatan tertentu (dalam produksi, penyimpanan dan transportasi) di mana biaya unit organisasi mulai jatuh.
 Direct Observation
v  Pengertian Direct Observation adalah proses mengumpulkan data dari obyek tertentu berinteraksi langsung untuk menilai pembelajar dalam aksi dan mencatatnya
v  Tujuan Direct Observation yaitu :
-          tidak ada menutupi, tidak ada laporan palsu. Direct observation is just as it sounds, watching learners perform clinical skills such as history taking, physical examination and communication.
-          Pengamatan langsung memungkinkan orang untuk mendiskusikan nyata, tindakan tak terbantahkan karena benar-benar terjadi
v  Contoh Direct Observation yaitu :
Melihat. Dalam sebuah kasus Anda mungkin ingin observe people, activities, or physical aspects as they  mengamati orang, kegiatan, atau aspek fisik karena mereka naturally exist, recording whatever you see that relateurally ada, merekam apa pun yang Anda lihat yang berhubungan dengan your evaluation question(s). Pertanyaan evaluasi Anda
Foto dan Gambar. Kaset video dapatused to record observations. digunakan untuk merekam pengamatan. The camera is an exten- Kamera ini exten-an sion of your eye. Sion mata Anda. The camera makes a record that Kamera membuat catatan yangcan be analyzed later and may be used to illustrate dapat dianalisis kemudian dan dapat digunakan untuk menggambarkanyour evaluation report. Anda laporan evaluasi.
v  Aplikasi Direct Observation yaitu :
Pada saat dilakukan sebuah sensus penduduk maka yang digunakan adalah direct observation karena peneliti melakukan pengamatan secara langsung untuk memperoleh data yang akurat.
 Semi-structured interviewing (SSI)
v  Pengertian Semi-structured interviewing adalah adalah metode penelitian yang digunakan dalam ilmu-ilmu sosial. While a structured interview has a formalized, limited set questions, a semi-structured interview is flexible, allowing new questions to be brought up during the interview as a result of what the interviewee says.Sementara wawancara terstruktur memiliki, diformalkan pertanyaan yang terbatas, semi-terstruktur wawancara yang fleksibel, memungkinkan pertanyaan-pertanyaan baru untuk dibawa selama wawancara sebagai hasil dari apa yang diwawancara mengatakan. The interviewer in a semi-structured interview generally has a framework of themes to be explored. Pewawancara dalam wawancara semi-terstruktur umumnya memiliki kerangka tema untuk dijelajahi.
v  Tujuan Semi-structured interviewing yaitu :
-          Mendapatkan informasi kuantitatif dan kualitatif spesifik dari sampel dari populasi • Obtain general information relevant to specific issues, (ie: to probe for what is not known)
-           Memperoleh informasi umum yang relevan dengan isu-isu spesifik, (yaitu: untuk menyelidiki apa yang tidak diketahui) • Gain a range of insights on specific issu
-          Keuntungan berbagai wawasan tentang isu-isu spesifik
-          Kurang mengganggu bagi mereka yang sedang diwawancarai sebagai wawancara semi-terstruktur mendorong komunikasi dua arah. Those being interviewed can ask questions of the interviewer. Mereka yang diwawancarai dapat mengajukan pertanyaan dari pewawancara. In this way it can also function as an extension tool. Dengan cara ini juga dapat berfungsi sebagai alat ekstensi.
-          Ketika individu diwawancarai mereka mungkin lebih mudah mendiskusikan isu-isu sensitif.
v  Contoh Semi-structured interviewing yaitu :
Alat deskripsi The Ranking, Rating and Sorting tools are simple and inexpensive ways to obtain information about: why people make certain choices, (or have certain opinions) how many people in the community make certain choices, (opinions) and the choices they make.
-          Peringkat tersebut, Penilaian dan Sortasi alat-alat yang cara sederhana dan murah untuk mendapatkan informasi tentang: mengapa orang membuat pilihan tertentu, (atau memiliki pendapat tertentu) berapa banyak orang di masyarakat membuat pilihan-pilihan tertentu, (pendapat) dan pilihan-pilihan yang mereka buat. For example, this tool can be used to gain information on the reasons why farmers choose to plant some tree varieties rather than others; or why forestry staff decide to promote a certain species in preference of others. Sebagai contoh, alat ini dapat digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai alasan mengapa petani memilih untuk menanam varietas pohon beberapa agak daripada yang lain; atau mengapa staf kehutanan memutuskan untuk mempromosikan suatu spesies tertentu dalam preferensi orang lain. The results and reasons for the choicest opinions are recorded and compared. Hasil dan alasan pendapat terpilih dicatat dan dibandingkan.
v  Aplikasi Semi-structured interviewing yaitu :
 
Focus group discussion
v  Pengertian Focus group discussion yaitu teknik agak informal yang dapat membantu Anda menilai kebutuhan pengguna dan perasaan baik sebelum desain antarmuka dan lama setelah implementasi. In a focus group, you bring together from six to nine users to discuss issues and concerns about the features of a user interface. Dalam kelompok fokus, Anda membawa bersama-sama 6-9 pengguna untuk mendiskusikan isu-isu dan keprihatinan tentang fitur dari antarmuka pengguna.
v  Tujuan Focus group discussion yaitu :
-          Anggota kelompok menemukan bahasa umum untuk menggambarkan pengalaman serupa. This enables the capture of a form of “native language” or “vernacular speech” to understand the situation Hal ini memungkinkan penangkapan suatu bentuk "bahasa ibu" atau "pidato bahasa" untuk memahami situasi
-          Kelompok fokus juga memberikan kesempatan bagi pengungkapan antara lain yang serupa dalam lingkungan di mana peserta divalidasi
-          Diskusi kelompok menghasilkan data dan wawasan yang akan kurang diakses tanpa interaksi ditemukan dalam satu grup pengaturan-mendengarkan pengalaman diucapkan orang lain merangsang kenangan, ide, dan pengalaman peserta. This is also known as the group effect where group members engage in “a kind of 'chaining' or 'cascading' effect; talk links to, or tumbles out of, the topics and expressions preceding it” (Lindlof & Taylor, 2002, p. 182) [ 6 ]
v  Contoh Focus group discussion yaitu :
Swedia seniman Mans Wrange telah menggunakan konsep kelompok fokus dalam karyanya Proyek Rumor Baik [1] . In this instance the focus group situation is used not only as a means to investigate the opinions of the group members, but also to spread an idea (the rumor ) across society with the help of the group members. Dalam hal ini situasi kelompok fokus tidak hanya digunakan sebagai alat untuk menyelidiki pendapat dari anggota kelompok, tetapi juga untuk menyebarkan ide (rumor) di masyarakat dengan bantuan dari anggota kelompok.
v  Aplikasi Focus group discussion yaitu : pemerintah federal Amerika Serikat membuat ekstensif menggunakan kelompok fokus untuk menilai bahan-bahan pendidikan publik dan pesan untuk banyak program mereka. While many of these are appropriate for the purpose, many others are reluctant compromises which federal officials have had to make as a result of studies independent of whether a focus group is the best or even appropriate methodology. Sementara banyak dari yang sesuai untuk tujuan tersebut, banyak orang lain yang kompromi yang enggan pejabat federal harus membuat sebagai hasil dari studi independen dari apakah kelompok fokus adalah metodologi terbaik atau bahkan tepat.
 Preference ranking and scoring
v  Pengertian preference ranking and scoring adalah hubungan antara satu set item seperti itu, untuk setiap dua item, yang pertama adalah baik 'peringkat lebih tinggi dari', 'peringkat lebih rendah dari' atau 'peringkat sama dengan' yang kedua. In mathematics , this is known as a weak order or total preorder of objects. Dalam matematika ini dikenal sebagai urutan preorder lemah atau keseluruhan objek. It is not necessarily a total order of objects because two different objects can have the same ranking. Hal ini tidak selalu berarti total order objek karena dua objek yang berbeda dapat memiliki peringkat yang sama. The rankings themselves are totally ordered. Peringkat itu sendiri benar-benar memerintahkan.
v  Tujuan preference ranking and scoring yaitu :
-          untuk memungkinkan mengevaluasi informasi yang kompleks sesuai dengan kriteria tertentu.
-          Untuk memahami prioritas-prioritas kehidupan masyarakat sehingga mudah untuk diperbandingkan.
v  Contoh preference ranking and scoring yaitu :
-          misalnya, mesin pencari internet dapat peringkat halaman yang menemukan menurut perkiraan mereka relevansi , sehingga memungkinkan bagi pengguna dengan cepat untuk memilih halaman yang mereka cenderung ingin melihat.
-          Disuatu daerah mengalami musim kemarau berarti prioritas utamanya membutuhkan air bersih yang akan digunakan untuk MCK. Kemudian juga membutuhkan pupuk untuk tanaman berari prioritasnya adalah pupuk. Dari kedua prioritas tersebut dapat diurutkan sehingga yang mana prioritas yang paling utama Dan selanjutnya.
v  Aplikasi preference ranking and scoring yaitu :
 Direct matrix ranking
v  Pengertian Direct matrix ranking adalah proses untuk menempatkanvalues for these indeterminate entries from some set such that the rank of nilai untuk entri ini ditentukan dari beberapa set sedemikian rupa sehingga peringkatthe matrix is maximum. matriks adalah maksimal.
v  Tujuan Direct matrix ranking yaitu :
-          untuk memahami alasan terhadap pilihan-pilihan masyarakat.
-          argumen yang berkembang dapat mengungkapkan, and identify issues for further investigadan mengidentifikasi isu-isu untuk penyelidikan lebih lanjut.
-          Sebuah kelompok yang homogen (misalnya semua orang, atau semuawomen) may be easiest and most informa perempuan) mungkin yang termudah dan paling informatif
v  Contoh Direct matrix ranking yaitu :
Mengapa mereka lebih suka menanam pohon rambutan dinbanding

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...