Wednesday 6 June 2012

negara-negara terkecil di dunia

Negara Terkecil di Dunia


 
 
 
 
 
Kategori negara terkecil di dunia adalah negara yang memiliki luas wilayah kurang dari 322 km persegi atau sekitar 200 mil persegi. Bila dihitung dengan seksama, di dunia ini terdapat 17 negara yang memiliki luas wilayah kurang dari 322 km persegi. negara - negara tersebut secara otomatis juga  memiliki populasi penduduk yang sangat sedikit bila dibandingkan dengan negara - negara yang memiliki luas wilayah lebih besar. Namun demikian, tidak semua negara terkecil di dunia tersebut memiliki nilai pertumbuhan ekonomi yang kecil juga. Beberapa negara terkecil di dunia tersebut malah memiliki kondisi ekonomi yang stabil.
 
Berikut ini adalah 5 negara terkecil di dunia:
 
1. VATIKAN
 
Vatikan hanya memiliki luas wilayah sekitar 0,2 mil persegi. Vatikan merupakan negara terkecil di dunia yang menempati urutan pertama. Jumlah penduduk di vatikan hanya sekitar 770 orang. 
 
2. MONACO
 
Monaco memiliki luas wilayah 0,7 mil persegi. Walaupun tergolong negara terkecil, Monaco telah merdeka sejak abad ke-13. Karena kondisi ekonominya yang baik, negara ini memiliki populasi sekitar 32.000 jiwa.
 
3. NAURU
 
Dengan luas wilayah 8,5 mil persegi, Nauru dihuni oleh sekitar 13.000 penduduk. Negara yang telah merdeka pada tahun 1968 ini sebelumnya dikenal sebagai Pleasant Island
 
4. TUVALU
 
Negara ini hanya memiliki luas wilayah 9 mil persegi yang terdiri dari 9 batu karang sepanjang 360 mil di Polinesia. Negara yang merdeka pada tahun 1978 ini menjadi tempat tinggal bagi sekitar 12.000 jiwa
 
5. SAN MARINO
 
Negara ini memiliki luas wilayah 24 mil persegi yang terletak di sebelah utara Italia bagian tengah. Negara ini mengklaim sebagai negara tertua di Eropa yang telah didirikan sejak abad keempat. Jumlah penduduk San Mario hingga saat ini adalah sekitar 29.000 jiwa.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...