Monday 25 June 2012

penemuan mumi terbaru 2012

Penemuan Mumi Berusia Ribuan Tahun di IsraelPemerintah Israel telah menyita dua peti yang sebelumnya pernah berisi mumi. Peti berusia ribuan tahun itu dinyatakan asli dan berasal dari Mesir.

Diwartakan Live Science, Rabu (4/4/2012), inspektur Unit for Prevention of Antiquities Robbery menemukan artifak kuno tersebut saat memeriksa toko-toko di Old City of Jerusalem. Dia mencurigai peti tersebut merupakan barang curian.



Para peneliti kemudian melakukan analisa carbon dating (menentukan usia artifak melalui bentuk radioaktif di contoh karbon) pada peti itu. Hasilnya diketahui peti tersebut asli serta berasal dari periode antara abad 10 dan delapan sebelum masehi.

Para peneliti tidak yakin apa yang menyebabkan penutup peti terbuat dari kayu itu bisa sampai ke Israel. Walau bagaimanapun, penutup kayu ini digergaji menjadi dua bagian. Hal ini menunjukkan para penyelundupnya perlu menyembunyikan barang antik itu dalam ukuran koper standar.

Jenis penutup pada peti ini biasanya memiliki sarkofagus terbuat dari kayu palm yang berisi mumi. Para petugas berwenang tidak tahu pasti apa yang terjadi pada mumi itu, namun mereka menyorot kemungkinan terjadinya perdagangan gelap mumi serta barang-barang antik.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...