Wednesday 6 June 2012

negara terkaya dan termiskin di dunia

10 Negara Terkaya di Dunia tahun 2012


jerukpisang.wordpress.com – Sejumlah negara besar masuk dalam deretan 10 besar negara terkaya di dunia. Hasil tersebut dilihat berdasarkan jumlah pendapatan per kapita atau produk domestik bruto (PDB). Di mana Negara Qatar mencatat pendapatan tahunan tertinggi di atas USD88 ribu, sesuai angka yang dilaporkan International Monetary Fund (IMF) 2010. Perlu dicatat bahwa angka-angka tersebut bukan merujuk pada penghasilan rata-rata penduduknya, melainkan jumlah dari ketersediaan barang dan jasa yang sebanding dengan jumlah seluruh penduduk yang terdapat di negara tersebut.
Berikut ke sepuluh negara terkaya di dunia, seperti dilansir Forbes Magazine, Senin (12/3/2012).

1. Qatar
Negara Arab ini berhasil mencapai pendapatan per kapita USD88.222 atau sekira Rp805,9 juta per tahun dengan populasi penduduk sebanyak 1,8 juta jiwa.
2. Luxemburg
Luxemburg mencatat pendapatan per kapita tahunan rata-rata sebesar USD81.466 atau sekira Rp744,2 juta dengan jumlah penduduk 502 ribu jiwa.
3. Singapura
Selain Brunei, perwakilan Asia Tenggara lainnya adalah Singapura. Pendapatan per kapitanya sebesar USD56.694 atau sekira Rp517,8 juta, dengan total penduduk 4,9 juta jiwa.
4. Norwegia
Negara yang terletak di Semenanjung Penisula ini memiliki pendapatan per kapita rata-rata USD51.959 atau sekira Rp474,6 juta per tahun, dengan jumlah penduduk 4,9 juta jiwa.
5. Brunei Darussalam
Brunei menduduki peringkat kelima negara terkaya dengan pendapatan per kapita rata-rata USD48.333 atau sekira USD441,5 juta, dan memiliki populasi penduduk hanya 388 ribu jiwa.
6. Uni Emirat Arab
Emirat mencatat pendapatan per kapita tahunannya rata-rata sebesar USD47.439 atau sekira Rp433,3 juta, dengan total populasi penduduk 8,2 juta jiwa.
7. Amerika Serikat (AS)
Negara Adidaya ini meduduki posisi ke tujuh dengan pendapatan per kapita mencapai USD46.860 atau sekira Rp428 juta, dengan jumlah penduduk 313 juta jiwa.
8. Hong Kong
Pendapatan per kapita Hong Kong rata-rata mencapai USD45.944 atau sekira Rp419,6 juta, dengan populasi menduduk tujuh juta orang.
9. Swiss
Rata-rata pendapatan per kapita USD41.950 atau sekira Rp383,2 miliar, jumlah penduduk 7,7 juta orang.
10. Belanda
Pendapatan per kapita rata-rata senilai USD40.973 atau sekira Rp374,3 miliar, dengan jumlah penduduk 16 juta orang.

10 Negara Termiskin di Dunia


10 negara miskin

Jika menyebut Afrika, rasanya identik dengan kemiskinan dan ketertinggalan, memang tak bisa dipungkiri, bahwa Afrika masih ada di urutan terbawah benua paling miskin sejagad. Sebagai buktinya, 6 dari 10 negara termiskin di dunia, berasal dari benua hitanm ini. Berikut daftar 10 negara miskin sedunia urutan berdasar pendapatan perkapita;

  1. Malawi

    Lokasi: Afrika Selatan, Zambia timur
    Populasi: 13.603.181
    PDB per kapita: $ 600 (2006 est)

Dipimpin oleh presiden Kamuzu Banda selama 30 tahun pertama sejak kemerdekaan. Tapi, kemudian pada tahun 1990-an lembaga demokratis memegang kendali, Presiden Banda kalah dalam pemilu pada 1994 dan Bakili Muluzi menggantikan posisinya, namun pemerintahan dibawah Muluzi jauh lebih terbuka, dan menyebabkan Korupsi, kemiskinan dan HIV-AIDS yang tinggi,menghambat perkembangan dan memupuk ketidakpuasan dengan pemerintah baru. Hal ini menyebabkan perekonomian Malawi semakin merosot, Malawi didesak oleh badan-badan keuangan dunia untuk membebaskan ekonomi, yang telah memiliki banyak diprivatisasi negara yang menjalankan korporasi.
Sumber perekonomian Malawi sebagian besar bergantung pada pertanian subsisten, namun situasi pasokan makanan tidak stabil ditambah dengan negara yang rentan terhadap bencana alam. Lebih dari separuh populasi hidup di bawah garis kemiskinan.Bergerak berada di bawah cara untuk mengeksploitasi cadangan uranium untuk meningkatkan penghasilan.

Setiap tahun, puluhan ribu penduduk Malawi meninggal karena AIDS. Sempat dijalankan program untuk mengatasinya di tahun 2004, namun belum ada kemajuan yang berarti.

  1. Somalia

    Lokasi: Afrika Timur, berbatasan dengan Teluk Aden dan Samudera Hindia, sebelah timur Ethiopia
    Populasi: 9.118.773
    PDB per kapita: $ 600 (2006 est)
Somalia berdiri pada tahun 1960 ketika dua wilayah bergabung. Wilayah Somalia merupakan protektorat Inggris dan mantan koloni Italia. Sejak berdiri, perkembangannya sangat lambat. Hubungan dengan tetangga telah memburuk akibat klaim teritorial pada daerah yang dihuni Somalia dari Ethiopia, Kenya dan Djibouti.
Pada tahun 1970 Barre memproklamasikan negara sosialis, membuka jalan bagi hubungan erat dengan Uni Soviet. Pada tahun 1991 Presiden Barre digulingkan dengan melawan klan. Tapi mereka gagal menyepakati pengganti dan menjerumuskan negara ke dalam hukum dan perang suku. Pemberontakan dan pembajakan marak, menyebabkan jumlah kematian yang tinggi, akibat kelaparan dan peperangan.
Dalam perkembangannya, Somalia disebut sebagai;
·         Tempat krisis kemanusiaan terburuk Afrika: kelaparan dan kematian tinggi.
·         Tidak ada pemerintah yang efektif sejak tahun 1991.
·         Milisi Islam dan PBB yang didukung pemerintahan transisi bersaing untuk kontrol Negara.
·         Negara memproklamirkan diri Somaliland dan Puntland wilayah menjalankan urusan mereka sendiri

  1. Comoros

    Lokasi: Afrika Selatan, sekelompok pulau di mulut utara SelatMozambik, sekitar dua-pertiga dari jalan antara utara Madagaskardan utara Mozambik
    Populasi: 711.417 (Juli 2007 est)
    PDB per kapita: $ 600 (2005 est)
Saat ini, Comoros terancam di ambang disintegrasi. Dikarenakan sebuah sejarah kekerasan politik yang menyebabkan Comoros sangat miskin. Politiknya diwarnai dengan kudeta, konflik dan pemberontakan.
Comoros adalah salah satu Negara termiskin di Afrika dan sangat bergantung pada bantuan asing. Comoros sangat bergantung pada bantuan dan pengiriman uang dari diaspora. Sumber daya alam dalam pasokan ekspor hanya ada vanili, cengkeh dan esensi parfum - yang rentan terhadap fluktuasi harga. .Penduduk Comoros terdiri dari keturunan pedagang Arab, Melayu juga masyarakat imigran Afrika
  1. Kepulauan Solomon
    Lokasi: Oseania, kelompok pulau di Samudra Pasifik Selatan, timur Papua Nugini
    Populasi: 566.842 (Juli 2007 est)
    PDB per kapita: $ 600 (2005 est)
Menurut Bank Dunia, Kepulauan Solomon, salah satu negara Pasifik termiskin, telah dipengaruhi oleh makanan global yang berturut-turut, bahan bakar dan krisis keuangan dan pada tahun 2009, dengan penurunan ekspor log dan penurunan besar dalam harga komoditas internasional, pertumbuhan turun menjadi hanya 1 persen. Perang sipil membuat negara ini hampir bangkrut.

Harapan ekonomi mulai bangkit kembali sejak produksi minyak sawit dan pertambangan emas. Namun dikhawatirkan akan keamanannya, sejak Kepulauan Solomon dilanda konflik pada 1998-2003. Untuk itu Australia memimpin sebuah misi yang bertujuan untuk memastikan keamanan dan berusaha menjaga perekonomian.

  1. Kongo
    Lokasi: Afrika Tengah, timur laut Angola
    Populasi: 65.751.512
    PDB per kapita: $ 700 (2006 est)
Sekitar 70% dari 3,6 juta penduduk negara yang kaya minyak ini masih hidup di bawah garis kemiskinan walaupun perdamaian telah dirasakan sejak 7 tahun silam. Hingga 1992, Kongo dikuasai satu partai namun sistim multi-partai pun ditandai dengan bangkitnya para milisi bersenjata yang menjerumuskan negeri itu ke dalam pusaran perang saudara. Kongo merupakan negara produsen minyak keempat atau kelima terbesar di sub-sahara Afrika. Kongo yang pernah dicap berbagai lembaga keuangan internasional sebagai salah satu negara penghutang terbesar dunia itu kini menerima manfaat dari program Inisiatif Negara-Negara Miskin Penghutang Terbesar (HIPCI). Kelompok-kelompok hak azasi manusia dunia mendorong Pemerintah untuk memperbaiki kesejahteraan rakyatnya, sampai pada pelayanan kesehatan yang baik.
  1. Burundi

    Lokasi: Afrika Tengah, sebelah timur Republik DemokratikKongo
    Populasi: 8.390.505
    PDB per kapita: $ 700 (2006 est)
Perang 12 tahun, etnis berbasis sipil menyebabkan Burundi menjadi salah satu negara termiskin di dunia. Pada tahun 2001, dimediasi oleh Afrika Selatan akhirnya perundingan mengalami titik temu setelah sebagian besar kelompok pemberontak sepakat untuk gencatan senjata. Empat tahun kemudian Burundi ikut memilih dalam pemilu parlemen pertama sejak dimulainya perang sipil. Tapi pasca-pemilu ketegangan di 2010, memicu kekhawatiran baru akan perang sipil.
Setengah penduduk hidup di bawah garis kemiskinan. Pendapatan mata uang asing (devisa Negara) hanya diandalkan dari Kopi dan teh


  1. Timor Timur / Timor-Leste
Lokasi: Asia tenggara, barat laut Australia di Kepulauan Sunda Kecil di ujung timur kepulauan Indonesia; catatan - Timor Timurtermasuk bagian timur pulau Timor, Oecussi (Ambeno) wilayah di bagian barat laut pulau Timor, dan pulau-pulau Atauro dan pulaupulau Jaco
Populasi: 1.084.971
PDB per kapita: $ 800 (2005 est)
Setelah kemerdekaannya di tahun 2002, penduduk menderita beberapa kekejaman terburuk zaman modern. Sebuah laporan independen yang ditugaskan oleh pemerintahan transisi PBB di Timor Timur mengatakan bahwa setidaknya 100.000 orang Timor meninggal pada konflik tersebut.

Sebagai salah satu negara termiskin di Asia, Timor Timur  bergantung pada bantuan dari luar selama bertahun-tahun. Infrastruktur yang miskin dan negara ini rawan kekeringan. Namun, minyak lepas pantai dan ladang gas di Laut Timor memiliki banyak potensi. Timor Timur dan Australia telah sepakat untuk berbagi pendapatan dari cadangan minyak tersebut. Sebagai bagian dari kesepakatan, keputusan di perbatasan maritim yang disengketakan di daerah itu ditunda. Saat ini, Timor Leste sedang mencoba untuk mendorong rekonsiliasi nasional.

  1. Tanzania

    Lokasi: Afrika Timur, berbatasan dengan Samudera Hindia, antara Kenya dan Mozambik
    Populasi: 39.384.223
    PDB per kapita: $ 800 (2006 est)
Meski tetap menjadi salah satu negara termiskin di dunia, dengan banyak penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan Bank Dunia, namun tahun belakangan, Tanzania berhasil dalam merayu donor dan investor. Tidak seperti banyak negara Afrika, yang potensi kekayaan kontras dengan kemiskinan yang sebenarnya, Tanzania hanya memiliki mineral ekspor dengan sistem pertanian yang masih primitif. Untuk itu presiden pertama, Julius Nyerere, mengeluarkan Deklarasi Arusha 1967, yang menyerukan kemandirian melalui penciptaan desa pertanian kooperatif dan nasionalisasi pabrik, perkebunan, bank-bank dan perusahaan swasta. Tetapi, tahun berikutnya program ini benar-benar gagal karena inefisiensi, korupsi, perlawanan dari petani dan kenaikan harga minyak impor.
Kesengsaraan ekonomi Tanzania itu diperparah pada tahun 1979 dan 1981 dengan intervensi militer yang sangat mahal untuk menggulingkan Presiden Idi Amin dari Uganda. Tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata 6,7% sejak tahun 2006, salah satu yang terbaik di sub-Sahara Afrika.

  1. Afghanistan
    Lokasi: Asia Selatan, utara dan barat Pakistan, timur Iran
    Populasi: 31.889.923 (Juli 2007 est)
    PDB per kapita: $ 800 (2004 est)
Afghanistan telah mengalami ketidakstabilan kronis seperti dan konflik selama sejarah modern, dan membangun ekonomi dan infrastruktur dari reruntuhan, dan banyak dari rakyatnya pengungsi. Sejak jatuhnya pemerintahan Taliban pada 2001, penganut gerakan garis keras Islam telah kembali dikelompokkan. Sekarang kekuatan bangkit kembali, khususnya di wilayah selatan dan timur. Posisi Afghanistan strategis di sepanjang "Jalan Sutera" kuno (antara Timur Tengah, Asia Tengah dan anak benua India)  menyebabkan Afghanistan menjadi rebutan. Tapi dunia luar akhirnya kehilangan minat setelah penarikan pasukan Soviet, sementara perang berkepanjangan sipil negara ini berlarut-larut. Dan menyebabkan rakyatnya ada dalam belenggu kemiskinan.

Ekonomi Afghanistan didukung oleh industry obat.  Negara ini memasok lebih dari 90% dari opium dunia, bahan baku heroin.

  1. Yaman

    Lokasi: Timur Tengah, berbatasan dengan Laut Arab, Teluk Aden,dan Laut Merah, antara Oman dan Arab Saudi
    Populasi: 22.230.531 (Juli 2007 est)
    PDB per kapita: $ 900 (2006 est)
Republik Yaman modern lahir pada tahun 1990 ketika tradisionalis Yaman Utara dan Yaman Selatan bergabung Marxis setelah bertahun-tahun perang dan pertempuran perbatasan. Tapi perdamaian itu rusak pada tahun 1994 karena perang saudara.

Sejak unifikasi Yaman telah memodernisasi dan membuka diri terhadap dunia, tetapi masih mempertahankan banyak karakter kesukuan dan cara-cara lama. Ketegangan bertahan antara utara dan selatan, beberapa selatan mengatakan bagian utara negara adalah hak istimewa ekonomi. Akibatnya Pertumbuhan ekonomi lemah. Inflasi tinggi, tingkat pengangguran meningkat. Tidak ada lapangan pekerjaan untuk menampung pengangguran, menyebabkan defisit anggaran yang besar juga.
 

 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...